strategi seo mudah
93 views |0 comments

Penempatan kata kunci dalam SEO merupakan langkah kedua setelah melakukan riset. Tidak kalah penting dalam menentukan letak keyword dapat menjadi sebuah penentu bagi search engine dalam menilai website milik Anda. Kebanyakan orang memang merasa mudah ketika masih dalam tahap riset, tapi hanya beberapa saja yang mampu menentukan dimana letak yang tepat untuk kata kunci.

Bahkan jika Anda mencari tahu tentang penempatan kata kunci akan sedikit sulit karena kebanyakan orang hanya memberikan informasi mengenai riset dan link building saja. Padahal tata letak keyword yang tepat juga sangat dibutuhkan khususnya bagi para pemula. Nah, supaya Anda tidak kebingungan maka disini akan dituliskan pada bagian mana saja sih keyword bisa diletakkan?

Apabila Anda sudah memahami tentang riset dan letak maka sudah bisa dipastikan bahwa konten atau artikel lebih banyak pengunjung dengan penilaian bagus dari Google.

penempatan kata kunci

6 Letak yang Tepat untuk Dijadikan Penempatan Kata Kunci Artikel

Beberapa letak rekomendasi yang bisa Anda jadikan penempatan kata kunci ini akan menjadikan artikel lebih tertata dengan rapi sehingga enak dibaca oleh para pengunjung. Tidak heran jika nantinya ranking terbaik jatuh pada konten buatan Anda. Lalu, dimana saja letak tersebut?

1.     Judul Artikel dan Meta Title

Mungkin Anda berpikir bahwa penempatan kata kunci sama, sehingga judul artikel dengan mate title itu juga sama saja, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup jauh. Salah satunya adalah siapa pihak pembacanya dimana judul artikel akan dilihat oleh pengunjung atau pengguna Google, sedangkan meta title dibaca oleh mesin pencarian.

Alasan beberapa orang menganggap sama ini karena tidak ingin dibuat repot untuk membedakan karena sama-sama berbentuk judul. Nah, penempatan kata kunci disini tujuannya agar Google mudah mengindex artikel dan berpeluang besar mendapatkan rangking terbaik.

Dengan mengikuti tata letak ini artinya Anda sudah memenuhi syarat SEO terbaik. Tapi harus tetap diingat ketika menentukan keyword harus sesuai dengan hasil riset yang sudah Anda lakukan sebelumnya.

2.     Bagian Struktur URL

Penempatan kedua bisa Anda letakkan di struktur URL dimana menjadi tempat serangkaian teks yang biasanya berada di address bar browser. Adanya URL ini berguna untuk menjadi alamat sebuah konten. Biasanya orang-orang menggunakannya untuk promosi sehingga siapapun yang tertarik cukup dengan klik link address tersebut dan bisa langsung melihat isi dari artikel Anda. Penempatan Kata Kunci Dalam URL

Dengan memasukkan kata kunci pada URL, maka dapat memudahkan pihak Google untuk mengindex website Anda dimana kemudian akan langsung diberi rangkai. Oleh karena itu, bagi para pembuat konten terutama jika masih pemula ketika pada tahap riset harus menemukan keyword terbaik dan sering dicari banyak orang.

3.     Meta Description

Berbeda dengan meta title, meta description ini merupakan serangkaian teks yang mereview artikel ketika Anda klik URL atau link address. Biasanya dapat ditemukan pada sosial media sebagai tempat promosi terbaik. Tujuan adanya meta description ini supaya dapat terbaca oleh mesin pencarian.

Namun, sayangnya banyak orang yang tidak mau dibuat repot dengan adanya meta description sehingga seringkali mengabaikannya. Padahal bagian ini merupakan salah satu letak kata kunci terbaik agar dapat menarik perhatian banyak pengunjung.

Mengapa demikian? Karena, dengan adanya deskripsi ini merupakan sebuah kalimat sekilas tentang apa isi URL tersebut sehingga hanya orang benar-benar membutuhkan informasi dari artikel Anda saja yang membuka atau membaca.

4.     Judul Gambar yang Dicantumkan atau Nama File

Anda pasti juga sudah mengetahui bahwa konten tidak hanya soal artikel saja, melainkan gambar atau video juga termasuk konten. Bahkan sudah banyak orang membutuhkan kedua konten tersebut untuk bisa diunduh pada beberapa keperluan. Nah, jika pada artikel Anda harus mencantumkan keyword sesuai dengan isi teks saja, maka pada bagian ini Anda juga wajib mencantumkan kata kunci pada gambar atau nama file.

Hal ini merupakan nilai plus dimana tujuannya untuk meningkatkan traffic yang cukup signifikan. Jadi, biasanya pada tampilan Google semua orang bisa melihat bagian atau fitur image yang isinya adalah kumpulan gambar dari beberapa website dengan kata kunci sesuai pencarian.  Itulah mengapa keyword harus dimasukkan pada gambar atau nama unggahan file.

5.     Inbound Link

Link yang mengarah pada website buatan Anda ini merupakan Inbound link. Bagaimana cara mengetahuinya? Dengan melihat kata yang di klik akan mengarah pada website Anda atau tidak. Jika tidak maka itu bukanlah inbound link, melainkan outbound link yang mengarah pada website orang lain.

Supaya Anda bisa mendapat ranking terbaik pada mesin pencarian, maka sebaiknya memasukkan kata kunci pada inbound link. Perlu diketahui, bahwa penempatan kata kunci (keyword) pada bagian ini juga termasuk pada strategi pembangunan backlink atau link building.

Apabila meletakkan keyword disini maka sumber website yang mencantumkan URL website milik Anda bisa mendapatkan reputasi bagus. Secara otomatis, ranking website milik Anda langsung terangkat menjadi yang terbaik pada mesin pencarian.

Dalam membuat inbound link ini bisa dikerjakan secara mandiri atau bekerja sama dengan orang lain. Karena, disini Anda harus membuat logo dummy yang menempatkan banyak kata kunci supaya ketika di klik mengarah pada website Anda.

6.     Pada Konten

Tempat terbaik yang terakhir adalah pada konten itu sendiri, karena menjadi raja meskipun di dalamnya tidak begitu menguasai teknik SEO. Tapi dengan catatan isinya tetap bagus dan berbobot maka tetap bisa masuk pada halaman hasil pencarian. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan website Anda masuk pada tingkat ranking terbaik.

Karena, sebenarnya Google tidak hanya mempertimbangkan dari bagian keyword saja, melainkan dasar relevansi yang sangat penting. Tapi, supaya hasilnya lebih optimal maka sebaiknya tetap memperhatikan kata kunci yang digunakan. Pengunjung atau pembaca juga pasti lebih mudah menemukan artikel atau konten buatan Anda. Penempatan Kata Kunci Dalam Konten

Setelah Anda mengetahui dimana saja penempatan kata kunci (keyword) yang tepat maka bisa dijamin bahwa kualitas artikel atau konten buatan Anda memiliki kualitas sangat tinggi. Karena sebenarnya SEO ini sendiri sangat erat hubungannya dengan konten sehingga apabila konten atau artikel yang dibuat tidak berkualitas maka hanya dapat bertahan sebentar saja alias sampai disitu saja tanpa perkembangan dan kemajuan apapun. Mulai dari ketertarikan pengunjung semakin  lama semakin menurun hingga penilaian buruk dari search engine seperti Google.

penempatan keyword

Memang dalam pengerjaannya harus dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar dapat menghasilkan artikel atau konten berkualitas. Karena berkembangnya dunia digital saat ini membuat siapapun bisa membuat konten termasuk orang yang hanya ingin coba-coba saja. Dengan demikian, mereka mengabaikan hal-hal penting seperti penempatan kata kunci dan bahkan memulainya tanpa melakukan riset sehingga tidak terlihat profesional. Apabila Anda memerlukan bantuan dari penyedia jasa SEO terpercaya, maka pastikan untuk bekerjasama dengan tenaga profesional yang tepat.

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top